Senin, 13 Juni 2011

Kecanduan empuknya Selat Solo



Sabtu minggu lalu saat saya bersama keluarga sedang mencari makan malam sekitar daerah Blok M, kami menemukan Dapur Solo yang memang sebelumnya sudah kami incar karena legenda Selat Solo dan Asem-Asem Iganya yang telah banyak dibicarakan.

Tempatnya bagus dengan pilihan makanannya yang lumayan banyak seperti Nasi Langgi Spesial, Nasi Urap Solo, Nasi Gudeg Jogja, Rawon Komplit, Asem-asem Iga, Gado-gado, Bandrek dan beberapa menu lainnya, disamping itu pelayanan yang cepat dan hangat khas Solo.

Tanpa menunggu lama kami-pun memesan Selat Solo Rp.20.000 dengan Nasi Putih Rp.4.000, Asem-asem Daging plus nasi dengan harga Rp.27.000, Tahu Gejrot dengan harga Rp.9.000 dimana tingkat kepedasannya tergantung permintaan dan sebagai penutup kami memesan Kembang Tahu dengan harga Rp.12.000-an.

Sebagai pembuka kami memesan Tahu Gejrot (karena penasaran, karena setahu kami itu makanan khas Cirebon..hehehe), ternyata setelah kami coba rasanya tidak kalah dengan Tahu Gejrot buatan Cirebon sekalipun..dengan potongan tahu yang masih garing dan tidak lembek seperti umunnya serta kuah yang sedikit asam pedas yang semakin mengugah selera makan berikutnya.

Selat Solo disini..beda banget dengan Selat Solo yang saya makan selama ini di beberapa restoran sebelumnya, disamping kuahnya begitu kental dengan potongan dagingnya cukup loyal tanpa tepung sehingga begitu digigit sari sari daging tuh nempel di lidah terasa gurih banget, belum lagi sausnya yang terbuat dari kuah semur itu begitu manis tapi nggak bikin eneg, karena manisnya pas didukung dengan rasa asin yang tipis juga lembut dari mustard dan segar dari acar dan belum lagi adanya tambahan kripik kentangnya yang terasa garing,

Yang semakin membuat merem melek adalah Asem-asem Iganya yang rasanya seger habis ..karena asemnya dari irisan belimbing wuluh, dengan potongan daging iga yang begitu empuk dan terasa gurihnya. .untuk yang suka pedas boleh minta sambel buat tambahan.

Yang tidak kalah enaknya adalah Kembang Tahu dengan rasa yang begitu begitu lembut terasa di lidah dengan kuahnya yang terbuat dari gula jawa.

Overall makanan disini enak2 semua. Surprise juga saya dengan Dapur Solo. Biasanya kalau tempat makan yg designnya bagus rasa masakannya biasa saja, tapi Dapur Solo bisa menyajikan lain. Harga standard dengan range pricenya berkisar Rp 22.000 - 25.000.

Untuk minuman kami mencoba Kunyit Asam dengan komposisi kunyit,asam jawa, gula merah dan rempah-rempah lain yang rasanya menyegarkan dan menyehatkan dengan harga hanya Rp.12.OOO, disamping itu juga ada istri saya memesan juice kacang Edaname yang tidak kalah enaknya dengan harga hanya Rp.8.0000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar